#movie: 47 Ronin

Akhirnya bisa kabur sejenak dari rumah dan menginjak XXI Puri Indah Mall lagi. Melihat hampir semua film anak-anak, akhirnya nonton 47 Ronin. Sempet penasaran karena film ini dapet review jelek dari berbagai media. Pas nonton juga emang gak seantre biasanya. Padahal dateng pas jam 12.15, waktu mulai film tapi kursi masih banyak yang kosong. Mungkin karena menjelang tahun baru ya?

47 ronin at puri mall Narsis depan poster di XXI ^^

Ceritanya sendiri tentang perjuangan 47 ronin (para samurai tak bertuan) yang bela-bela in balas dendam karena tuan mereka, Lord Asano yang terpaksa bunuh diri karena dicurangin Lord Kira, yang dibantu Mizuki, penyihir jadi-jadian. Diselingi juga tokoh Kai (Keanu Reeves) yang bela-belain berjuang dengan wajah cool dan kalem buat meraih cintanya (haiya! seumur gini saya masih aja demen kisah romantis hahaha). Kai membantu para ronin ini untuk melawan Lord Kira untuk menyelamatkan Mika, putri dari Lord Asano.

Sebagai entertainment sebenernya filmnya cukup asik dan ga ngebosenin. Dari film ini juga belajar sedikit tentang sejarah budaya jepang yang bikin gregetan (buat saya tradisi Harakiri – bunuh diri ala Jepang yang dianggap sebagai mati secara terhormat raga gak make sense ^^), cuman yang aneh mungkin blend unsur budaya asli yang terasa real dan melegenda seperti kisah para Samurai ini, dicampur dengan unsur mistis dan fiksi. Beda sama LOTR dan Harry Potter yang emang ceritanya fiksi banget dari mulai mahluknya sampe orang-orangnya. Jadi mirip film-film Mandarin.
Kalau secara visual sih lumayan lah, CGI nya cukup ok gak keliatan boong-boongan kayak film silatnya Indonesia (bukan gak cinta Indonesia, but that’s the truth..Indonesian movie’s visual effect is a crap).

47-ronin-cgi

47-ronin-cgi-2

 CGI nya mirip sama games atau setting di film Pirates of Caribian

47-ronin-the-view

Setting yang ini mirip dengan pemandangan di film LOTR

Kalau secara konsep cerita, juga rada nanggung. Cerita romantis gak terlalu, meski sempet ada romantic talks antara Kai dan Mika, dimana Kai bilang “I will search for you over a thousand lifetimes“, tapi gak cocok aja rasanya ama ceritanya.  Cerita sejarah juga gak gitu detail, atau yang rada imaginative juga gak gitu keliatan (meski di posternya disebutin soal monster dan outlaw, yang bener-bener jadi bagian filmnya cuman witch dan warrior).

47-ronin-the-cast

But anyway, saya bukan kritikus film yang bisa me-review dengan serius dari segi teknis, script, dll, tapi ini akan masuk salah satu film yang mungkin mau saya tonton lagi kalau ada DVD nya atau diputer di TV cable. Still great to see Keanu again, dengan gaya nya yang cool. Anehnya, diantara semua adegan di film ini, yang keinget cuman wajah close up Keanu pas lagi mau Harakiri dibawah ini! Mungkin karena ganteng xixixi

47 Ronin trailer 6

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of