waitomo glow worm cave

Serunya Melihat Cacing Bercahaya di Waitomo Glowworm Caves New Zealand

Papi sebenernya gak gitu tertarik ke Waitomo Glowworm Caves ini. Cuman sayang aja kalau ga liat karena selain deket dari Hobbiton, Glowworm Caves ini juga salah satu objek wisata yang cukup terkenal di New Zealand.

Dari jauh, sudah keliatan entrance Waitomo Glowworm Caves yang berbentuk dome ini. Bahannya terbuat dari warna kayu dan mencolok banget. Di depan ada area duduk dan loket untuk pembelian tiket atau penukaran voucher. Entrance nya ini kece banget menurut saya dan bersih.

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

Berbelok sedikit dari area entrance, disini ada toko suvenir serta semacam cafe. Agak lupa apakah disini ada tempat buat makan. Karena udah gak sabar ingin melihat Glowworm, kita gak fokus explore tempat lainnya hehehehe.

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

Sebelum kesini, kita sudah booking dulu melalui web supaya nanti gak terlalu ngantri dan pastiin kita kebagian tiket. Saat booking, kita bisa memilih jadwal dan seharusnya kita ikut tur jam 3. Berhubung karena telat, kita ikut tur jam 3.30. Menurut tour guide-nya hari ini lagi sepi, cuman beberapa yang ikut tur sesi ini. Padahal biasanya bisa 20 orang sekali sesi. Biasanya tur berangkat tiap 30 menit dari jam 9am – 5 pm dan durasi tur selama 45 menit-an. Sebaiknya selalu melakukan pengecekan jam buka ataupun jam tur sebelumnya.

Untuk booking online, bisa cek di official website Waitomo atau mencoba peruntungan dapet harga diskonan di situs diskon dengan googling. Harga normal dewasa sekitar Rp. 500-550rb an dan harga tiket anak sekitar separo nya. Bisa lebih murah bila membeli tiket combo dengan tur Waitomo lainnya, karena sebenarnya ada tur ke beberapa gua lainnya (kita hanya pilih ke glowworm saja).

Sebelum menunggu ke area masuk gua, kita duduk-duduk di area tunggu. Disini disediakan brosur dengan informasi mengenai gua ini.

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

Dari area tunggu ke gua, kita harus berjalan melewati kebun tapi gak terlalu jauh. Sebelum sampai ke depan pintu masuk gua. Di depan pintu masuk gua, kita dijelasin sejarah Waitomo Cave. Waitomo yang artinya ‘water hole‘ dalam bahasa maori (suku lokal warga New Zealand), ini ditemukan sama Chief Tane Tinorau dan peneliti Inggris, Fred Mace tahun 1880. Kemudian tempat ini dijadikan tempat wisata tahun 1910. Udah lama banget ya berarti gua ini? Tour guide kita juga orang asli maori, wajahnya agak mirip orang indian.

waitomo glow worm cave

Kita dikasih wejangan selama di gua gak boleh foto dan pegang-pegang gua. Karena katanya Glowworms ini sensitif terhadap cahaya dan juga ada bebatuan yang mungkin gak aman kalau kita pakai main-main.

Kita lalu masuk ke gua batu yang ada stalagtite dan stalagmite. Saya jalan paling belakang karena bawa anak-anak, takut bikin yang belakang nunggu. Oh ya, selama di Hobbiton ama di Waitomo ini saya jarang melihat ada turis jalan-jalan bawa anak hehehe, karena emang banyak yg bilang New Zealand ini bukan tujuan wisata buat anak karena attraksinya lebih ke alam. (Lihat postingan tentang Hobbiton disini)

waitomo glow worm cave

 

Berhubung saya jalan paling belakang, saya nekad foto-foto gua-nya, toh ga ngerusak apa-apa kaaaan hehehe. Setelah itu kita masuk ke tempat yang gelap banget sampe meraba-raba gitu jalannya dan naik ke perahu.

Ternyata Glowworms ini cahayanya langsung redup kalau liat cahaya dan denger suara berisik. Itu sebabnya kita dilarang foto atau ribut. Disini saya gak berani foto-foto, pasti keliatan hehehe

Perahunya diem lamaaa, gelap, dingin banget, sunyi sepi karena gak ada yang ngomong. Diatas kita cuma keliatan titik berpendar kayak bintang tapi deket banget. Berasa aneh banget berada di kesunyian gitu. Cuma terdengar suara Ican bisik-bisik bilang kalau dia takut. Apalagi kedengeran suara air kecimpung gitu, udah serem aja ada buaya hahahaa. Ternyata itu perahu lain yang gantian lewat cuma karena saking gelapnya, kita gak bisa melihat. Tapi amazed banget lihat pesona alam kayak gini, serasa berada di alam lain.

waitomo glow worm cave

Gua Glowworms nya sendiri kecil, cuman menikung sedikit aja tapi karena perahu nya jalan lambat banget berasa jauh. Saya malah gak tenang karena Ican berkali-kali bilang dia takut. Oh ya, suhu di dalam gua juga cukup dingin, jadi sebaiknya memakai jaket dan sepatu yang nyaman supaya tidak jatuh saat naik ke perahu.

Pas keluar gua, ada oma-oma bule bilang ke Ican, “you do a great job” mungkin dia denger Ican bisik-bisik dan saya tenangin dia. Oh ya, orang bule terutama oma opa itu ramah banget sama anak-anak. Kita sering papasan sama orang tua dan mereka say hi plus senyum ramah, padahal cuma papasan di jalan. Kalau orang muda nya sih cuek-cuek.

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

Overall Glowworm ini oke menurut saya, gak sebagus yang dibayangkan tapi unik karena sesuatu yang baru aja buat saya. Sepertinya juga kurang cocok buat anak balita karena agak serem dan gelap. Buat Kevin sih seneng-seneng aja, dia malah baca petunjuk soal lava, pupa dll dan cukup interest.

Sebelum pulang, kita berjalan menuruni jalanan tajam ke area parkir. Disini daun-daun berguguran keren banget. Gak lupa kita foto-foto dan main daun sebelum naik ke mobil dan melanjutkan perjalanan.

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

waitomo glow worm cave

Informasi selengkapnya bisa dilihat di website nya disini

39 Waitomo Village Road (formerly Waitomo Caves Road)
Waitomo Caves
Private Bag 501
Waitomo

Email: caveinfo@waitomocaves.co.nz​
Telephone: +64 7 878 8228
NZ Freephone: 0800 456 922​

notes: foto-foto profesional di postingan ini diambil dari website ini

Sesudah dari Waitomo, kita sempet foto stop di jalanan ini dan mengintip segerombolan ternak yang lagi merumput. Anak-anak seneng banget liat sapi 🙁 Dari jauh keliatan ada rumah dengan kincir angin….rumah idaman banget huhuhuu….sayang cuman bisa liat dari jauh

 

windmill court new zealand

windmill court new zealand

windmill court new zealand

windmill court new zealand

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of