17 agustus 2015

Arti Merdeka buat Mereka

Pas 17 agustusan, komplek perumahan tempat kita tinggal adem ayem aja. gak ada lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk atau kibaran bendera. Sedih juga, padahal dulu saya kecil, tiap 17 agustus udah heboh karena dari sekolah diharuskan pawai sepanjang jalan raya mengenakan busana tradisional.

Berasanya tinggal di Jakarta ini tradisi budaya nya hampir punah. Apalagi kita tinggal di komplek perumahan yang rata-rata orang tuanya bekerja, hanya beberapa orang anak terlihat jalan-jalan bersama pengasuhnya.

Akhirnya saya ajakin Kevin dan beberapa temannya di kompleks buat ikutan lomba 17 agustusan di halaman rumah. Kita adakan lomba makan kerupuk, terus pegang sendok yang ada kelerengnya sampai balap lari. Terakhir lomba nyanyi Indonesia Raya yang paling bagus dan paling lantang. Pemenangnya saya kasih hadiah cemilan dan es krim. Mereka senang sekali dan semangat mengikuti berbagai lomba.

17 agustus 201517 agustus 201517 agustus 2015

Sempat saya tanya ke mereka apakah tahu kalau hari kemerdekaan itu apa? ternyata semuanya gak ada yang tahu. Saya juga rada bingung bagaimana jelasin kata merdeka dalam bahasa yang bisa dimengerti anak-anak. Kayaknya mereka terlalu kecil kalau dijelasin kita merdeka dari jajahan negara lain atau menang perang.

Jadi saya bilang ‘merdeka’ itu artinya negara kita  ‘bebas’. Lalu saya tanya arti merdeka buat mereka, jawabannya lucu-lucu. Katanya merdeka itu artinya:
  • bebas makan kerupuk tanpa dimarahin
  • bebas makan es krim meski lagi batuk
  • bebas main

17 agustus 201517 agustus 2015

Merdeka buat mereka memang sederhana, tapi tawa dan kebebasan mereka adalah wujud hasil perjuangan kemerdekaan 70 tahun yang lalu. Kegembiraan mereka, kegembiraan generasi muda yang akan membawa masa depan dengan penuh semangat.

Selamat HUT RI yang ke-70! Sekarang saya hidup merdeka sebagai seorang ibu yang bebas bekerja dan berkarir.

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of