Kenapa Menikah?

Beberapa bulan yang lalu saya naik taksi menuju meeting dengan klien. (ya ya ya, ini nya ga penting banget buat diceritain hehehe) Supirnya ini asli cerewet banget, segala hal dia bahas gitu selama sekitar 45 menit perjalanan dari kantor ke klien.

Lupa gimana asalnya tiba-tiba dia bahas soal perkawinan. Maklum gak konsen dengerin ceritanya dia karena ngantuk. Dia nanya gini, “mbak sudah menikah?” yang lalu saya iya kan. *kalau yang nanya nya Tom Cruise sih bakalan saya jawab “belum” xixixixi*
Terus dia nanya lagi, “tujuan mbak menikah apa?” *kepo banget nih bapak supir*
Saya lupa waktu itu jawabnya apa tapi yang jelas jawaban asal banget, gak saya pikirin bener-bener.

Tiba-tiba tadi pagi kok keingetan pertanyaan si pak supir *mudah-mudahan bukan karena diguna-guna XD* Hal yang terpikir pagi ini: Menikah karena pengen punya anak

Saya juga pernah ngobrol-ngobrol sama temen mengenai alasan menikah ini. Jawabannya begini:
  • nanti keburu tua
  • pengen punya anak
  • bosen sendiri
  • demi uang dan jabatan *yang ini karangan saya hihi, liat dari nonton sinetron. kalau temen-temen mah ga ada yang jawab ini*

Alasan diatas jawaban persis yang ditentang sama si pak supir taksi itu. Dia menasehati saya gini, “mbak kalau menikah jangan dengan tujuan pengen punya anak. Nanti kalau ga dikasih anak gimana?” *untung udah punya anak, kalau gak saya merasa lagi dikutuk ama pak supir*

Saya waktu itu cuman nyengir aja sambil nyinyir merasa si pak supir sok banget nasehatin. Tapi kalau dipikir – pikir nasehat dia ada benernya. Kalau kita menikah itu harus karena alasan yang tepat dan benar.

Argumen untuk beberapa jawaban diatas:
  • nanti keburu tua : egois bener yah kalau menikah hanya alasan saya nanti keburu tua. Kayaknya menikah hanya sebagai keharusan karena orang lain begitu.
  • pengen punya anak: seperti yang si bapak supir bilang, kalau terus gak punya anak jadinya mau cerai?
  • bosen sendiri: sama egois nya dengan jawaban pertama. Suami memangnya hanya boneka buat nemenin biar kita gak kesepian?
  • demi uang dan jabatan: seperti jawaban klise umumnya, uang dan jabatan itu hanya titipan Tuhan. Kalau tiba-tiba bangkrut gimana?

Jadinya apa dong alasan yang bener buat menikah? Ini jawaban si pak supir taksi, “mbak, menikah itu harus karena mbak sayang ama suami. Jangan karena udah ada anak jadi gak sayang sama suami, jadi gak perhatian sama suami. Kalau mbak lebih sayang suami, suami lebih sayang nanti sama anaknya” *Saya curiga sih ini curhatan dia kayaknya hahaha…*

Tapi rada nyindir juga sebenernya. Saya merasa sejak punya anak, suami emang jadi nomer 2.

Gak pernah lagi nanya si papi pengen pergi kemana atau lagi pengen apa. Yang ada selalu nanya nya mau ajak-ajak kemana, anak-anak mau dibeliin apa.

Saya flashback lagi ke 7 tahun yang lalu saat memutuskan mau menikah. Alasan saya mau menikah ama si papi memang karena saya sayang ama dia *ciye ciye, berasa aneh nulis ‘saya sayang ama si papi’ karena ternyata udah lama banget ya gak bilang gitu ke si papi heuuuu (dia juga sih)* dan saya merasa si papi ini adalah orang yang saya pikirkan akan tua bersama saya, membangun mimpi bersama.

Hahay, nulisnya kayaknya rada ngalor ngidul, but what I am trying to say is….
Buat yang belum menikah:
You have to find the right reason to get married. so you will have no wrong answer everytime you have fight after you get married.
Buat yang udah menikah:
Remember all the good reasons that make u want to marry him/her and just hang on to them. Make no right reason to think it was a mistake
Udah sih gitu ajah tulisannya…but anyway
Being Marriage is Like having a Best Friend Who doesn’t Remember Anything You Say
PS: Kemarin ini iseng nanya si papi alesan dia nikah sama saya, dijawabnya gini, “gak tauuu”. Hadeuhh..kumaha si akang satu ini. Terus dikasih pencerahan sama saya, mungkin alesannya karena udah lama pacaran atau ngerasa udah cocok, atau apa gitu. Dan nyebelinnya dia jawab,” iya, udah lama pacaran, masa gak nikah?” ….berasanya kok kepaksa banget ya di merit sama saya..Hiks…
Kalau kamu, apakah alesan kamu mau menikah?
marriage

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of