Medical Check Up @RS Graha Kedoya

Akhirnya hari ini jadi juga saya Medical Check Up. Padahal niat mau cek ini udah dari 7 tahun lalu. Asalnya pas lagi hamil Kevin, sampe udah datang ke RS dan puasa. Pas nyampe baru tau kalau ibu hamil gak boleh medical check up. Terutama karena ada treadmill yang bisa bahayain kandungan, apalagi pas usia kandungan trisemester pertama.

Sempet beberapa kali mau daftar, tapi kayaknya ada aja yang bikin batal. Terakhir pas 2 bulan lalu, udah sempet tanya-tanya paket medical check upnya. Tau-tau dapet telpon katanya saya ama papi dapet promo pemeriksaan kesehatan gratis. Pas dah kesana, ternyata cuman dicek kayak tensi, gula darah, body mass pake alat kayak omron gitu. Yang ada malah diprospek produk medical check up jangka panjang buat 10 tahun pake sistem cicilan. Menarik sih paketnya karena pengecekannya lengkap banget, sampe ada tes DNA buat tau penyakit genetik yang mungkin diturunkan. Tapi harganya itu mahal banget. Tiap bulannya nyicil 2,5jt buat sekitar 2 tahun dan dipake buat medcek 10 tahun atau 5 tahun kalau dipake berdua si papi.

Langsung deh si papi pasang muka bete diprospek gitu xixixix. Tapi sisi positifnya, dia jelasin resiko-resiko penyakit yang bikin si papi juga jadi kepikiran medical check up.

Jadilah hari ini kita berdua cek di RS Graha Kedoya. Asalnya mau daftar di RS Siloam, karena pas di compare kayaknya layanannya lebih lengkap dan harganya beda dikit. Cuman pas mau daftar, selama 3 hari telpon kesana gak pernah bisa kesambung ke bagian medical check upnya. Entah ga ada yang angkat atau diangkat terus putus telponnya. Jadi pindah daftar ke Graha Kedoya.

Kita disuruh puasa 12 jam dan hanya boleh minum air putih. Tiap ke RS ini saya ngerasa suasana tenang dan menyenangkan. Inget masa-masa kehamilan dan melahirkan Ichan dulu disini.

Pas datang langsung ke bagian medical check up di lantai 5. Recek ke bagian administrasinya sebentar terus langsung cek darah, lanjut cek urine dan rekam jantung.

Kita juga dikasih pilihan menu buat makan pagi. Asalnya mau pesen chicken cordon blue cuman kata susternya untuk cordon blue atau katsu bisa lama datangnya sekitar 1-1,5 jam. Jadinya pesen nasi goreng biar cepet gara-gara dah laper hehehe. Taunya pas abis cek USG di bawah, di meja makan selain nasi goreng pesanan saya, pesanan pasien lain yang chicken katsu dah dateng. Hueee.. nyesel hahaha. Tapi berhubung dah laper, nasi goreng + dessert kue + jus jeruk langsung ludes XD makanan di RS ini menurut saya lumayan enak. Dulu pas ngelahirin juga saya sangat menantik banget waktu makan hahaha.

Seudah sarapan, kita dicek ke dokter bedah. Ada 3 area yang dicek: leher, dada dan dubur. Yang terakhir ini boleh menolak kalau gak mau dicek. Tapi berhubung sudah bayar, ya sekalian dicek. Asli diperiksa dubur itu gak nyaman banget. Dari dokter bedah, kita dicek ke bagian penyakit dalam.

Oh ya, saya ambil paket basic A seharga 1,4jt. Yang dicek sebagai berikut:

PEMERIKSAAN FISIK DILAKUKAN OLEH:

  • Spesialis Penyakit Dalam
  • Spesialis Penyakit Jantung
  • EKG
  • Spesialis Bedah

PEMERIKSAAN:

  • Ultrasonografi Abdomen

LABORATORIUM:

Pemeriksaan Darah:

  • Darah Lengkap
    Hemoglobin, Lekosit, Diff, Eritrosit, Hematokrit, MCV, MCH,MCHC, Trombosit, LED
  • Lemak Darah
    Cholesterol Total, HDL Cholesterol, LDL Cholesterol, Trigliserida
  • Gula Darah
    Glukosa Puasa, Glukosa 2 jam PP
  • Fungsi Ginjal:
    Ureum, Creatinin, Asam Urat
  • Fungsi Hati:
    Protein, Total, Albumin, Globulin, Bilirubin Total, Bilirubin Direct, Bilirubin Indirect, SGOT, SGPT, Gamma GT, Alkali Phosphatase
  • Hepatitis: HBsAg, Anti HBs
  • Urine Lengkap
Ini kayaknya paket standar buat cek up yang sekadar cek up rutin tanpa keluhan tertentu.
Untung hasilnya bagus, gak ada yang macem-macem. Palingan baru ketahuan saya kolesterolnya agak tinggi dan papi harus divaksin hepatitis B karena anti Hepatitis B nya negatif. Hasil lengkapnya baru ada setelah seminggu, jadi siang itu kita cuman dijelasin sebagian sama dokter medical check upnya.
Lega deh kalau udah nyempetin di check up gini, mudah-mudahan gak dapet penyakit ‘kejutan’.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of