Sorabi, Jajanan Kuningan yang bikin Kangen

Tiap pulang kampung ke Kuningan, langsung keingetan cari Sorabi. Sorabinya ini soalnya beda banget sama sorabi yang ada di Jakarta atau di Bandung. Kalau di Jakarta kan yang namanya sorabi ini manis pake gula cair gitu, biasa saya sebutnya sorabi kinca. Tapi kalau sorabi yang dari tepung beras ini jarang ditemuin di Jakarta. Sekalinya pernah liat, pas di pinggir jalanan yang berdebu banget.

Kalau sorabi Bandung, karena udah dimodernisasi pake rasa-rasa (ada duren, ada keju, dll) jadinya gak original lagi.

Di Kuningan, biasa penjual sorabi ini bukanya pagi atau sore. Dibakar pake kayu gini jadi bau asapnya justru yang bikin sorabi ini berasa enak. Sorabi Kuningan itu dari tepung beras, tepung dan santan sehingga rasanya gurih. Paling enak dimakan dengan gorengan, ada goreng tempe tepung, goreng udang tepung, dll. Jaman dulu sorabinya gak ada pilihan, kalau sekarang udah ada variasi toping tapi masih tetap tradisional. Toppingnya ada yang pake oncom atau telur. Yumm!!

Ada beberapa tukang sorabi yang biasa mangkal dan mereka jualan udah bertahun-tahun. Jadi gak heran kalau orang Kuningan udah tau banget lokasi-lokasi tukang Sorabi.

Yang saya tahu, tukang sorabi di seputaran Kuningan kota ini di lokasi berikut:

  1. Di dekat perempatan Cijoho
  2. Di jalan veteran, lokasinya dekat Rumah Makan Batu Raden (buka sore hari)
  3. Di jalan veteran, lokasinya dekat Top Photo Studio (buka sore hari)

Pagi ini kita sampe niat hunting nyari, untung Sorabi Cijoho ini gak jauh dari rumah tante tempat kita nginep. Mamah yang baru sembuh sakit, ngotot pengen ikutan nyari, saking kangennya ama sorabi xixixixi

 

Si ema penjualnya ini tahan ya jongkok sambil kena asap gitu. Gak lama sambil kita nunggu sorabi dibakar, anak si ema bawa gorengan yang masih hangat dari belakang. Haaaah… kalap lah sudah ambil segala macam gorengan. Lupa harganya berapaan pastinya, kalau ga salah sekitar Rp. 2000 tapi yang pasti harga sorabi dan gorengannya murah meriah lah!

Sorabi ini bikin kenyang banget. Makan satu juga dah berasa full. Puas deh meski gak kesampean banyak kuliner di Kuningan, tapi kesampean makan sorabi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of